Jannah (Jaringan Nahdliyin) merupakan ruang, jalan, wadah atau kumpulan generasi nahdliyin untuk berkolaborasi bersama mengaktualisasikan ide dan gagasan untuk kemaslahatan umat.

Adapun program-program Jannah antara lain:

1, Gerakan 1 Juta Guru Ngaji Sejahtera

Perjuangan para guru ngaji atau ustadz yang bekerja (secara sukarela) untuk mengajar anak-anak di masjid, musholla atau TPA membutuhkan dukungan kita, terutama untuk sedikit membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Keberadaan mereka telah terbukti mampu meningkatkan literasi generasi Islam terhadap Alqur’an dan mencegah buta aksara Alqur’an (iliterasi).

Kami mengajak umat Islam dimanapun berada untuk berinfaq, menyisihkan sedikit harta, minimal Rp. 25 ribu per bulan ke Dana Jannah. Jannah Management kemudian mengelola dana yang terkumpul untuk disalurkan kepara para guru ngaji atau ustadz di manapun mereka berada untuk honor tambahan untuk menunjang kehidupan mereka.

2. Kampung Jannah

Kampung Jannah adalah sebuah dusun yang dikembangkan menjadi kampung wisata reliji dan edukasi yang menawarkan pengalaman unik kepada pengunjung untuk menikmati bukan saja kampung dengan obyek-obyek menarik dan kehidupan petani tetapi juga suasana kampung santri dan industri kecil (UMKM).

Ciri khas Kampung Jannah adalah pondok pesantren dimana keberadaan pondok pesantren ini diekplorasi untuk memberi dampak positif bagi pengembangan ekonomi, sosial dan pendidikan masyarakat dan menjadi ikon wisata reliji. Jannah Manajement berkolaborasi dengan masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan lingkungan Kampung Jannah.

Lingkungan Kampung Jannah dimodifikasi dengan menanami jalan-jalan utamanya dengan pohon tabebuya dan tanaman-tanaman bunga, memasang papan petunjuk arah, menyediakan fasilitas tempat duduk di beberapa titik jalan, membangun spot-spot menarik yang instagrammable untuk pengunjung berfoto serta mengajak warga membuka warung makan, minuman, oleh-oleh dan souvenir.

3. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jannah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuka wawasan bagi para warga tentang pentingnya menjaga hak-hak mereka dari perselisihan, penyalahgunaan atau eksploitasi pihak lain. Meski demikian, masih banyak warga yang tidak paham bagaimana mereka bisa melakukan itu.

LBH Jannah menyediakan layanan advokasi dan konsultasi untuk membantu warga menghadapi masalah hukum yang terjadi pada mereka. Advokasi dan layanan hukum ini meliputi advokasi untuk urusan keluarga, pidana, perdata atau hal-hal lain yang terkait dengan hukum.

4. Jannah Cepat Tanggap (JACT)

Kecelakaan, bencana alam atau keadaan force majeure bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja. Jannah memiliki relawan yang tergabung dalam Jannah Cepat Tanggap (JACT) untuk membantu mengatasi atau meringankan beban mereka para korban yang terdampak oleh kejadian-kejadian tersebut.

Tidak terbatas untuk mengatasi kejadian-kejadian yang sifatnya force majeure, JACT juga memiliki program-progam lain seperti menyantuni beras kepada fakir miskin, menyediakan beasiswa kepada anak yatim yang putus sekolah, membantu perawatan lansia di Panti Jompo, sunatan massal, nikah massal dan sejenisnya.

5. Jannah Award

Untuk memberikan apresiasi kepada individu, tokoh atau figur yang telah berkontribusi pada kemaslahatan umat, Jannah menganugerahkan sebuah penghargaan dalam bentuk Jannah Award.

Program ini dikelola oleh satu tim panel yang terdiri dari para pakar dan akademisi serta tokoh masyarakat, dengan melibatkan publik, untuk menyeleksi siapa figur yang patut mendapatkan Jannah Award. Jannah Award diselenggarakan satu kali dalam setahun.

6. Jannah Media

Dalam rangka ikut aktif berkontribusi sekaligus beradaptasi dengan kemajuan zaman, Jannah mengelola media online dan jaringan media sosial. Situs ini adalah satunya, dimana disini publik bisa bergabung sebagai Jannatizen untuk mempublikasikan info yang mereka miliki, membuka kelas online, berteman dengan sesama warga Jannah, memasang iklan lowongan kerja, dan lain-lain.

Jannah Media juga mengelola channel Yotube, facebook, instagram, twitter, linkedin dan tiktok. Kami, Jannah Management, mengajak masyarakat luas, terutama nahdliyin untuk berkontribusi dalam bentuk konten untuk kemudian kita publikasikan di Jannah Media.

*gambar-gambar hanya ilustrasi

Total 9 x dibaca, hari ini 1 x

Jolali, Share ya !