Presiden Joko Widodo Urutan ke 12 dari 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

Jokowi, Presiden Republik Indonesia kembali masuk daftar 50 tokoh Muslim berpengaruh di dunia untuk edisi 2021 versi themuslim500.com. Selain Jokowi, ada tiga tokoh Indonesia lainnya yang masuk ke dalam daftar 50 tersebut.

Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh ini diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania.

Dilansir dari situs resminya, Selasa (15/12), Jokowi berada di urutan ke 12, tepat di atas Imam Besar Masjid Al Azhar, Sheikh Ahmad Muhammad Al-Tayyeb yang ada di urutan ke-13.

Situs tersebut menyampaikan bahwa Jokowi merupakan Presiden Republik Indonesia dengan jumlah penduduk 274 juta jiwa. Jokowi terpilih kembali sebagai Presiden RI untuk periode 2019-2024.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi memilih Ma’ruf Amin yang kala itu Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai calon wakil presiden (cawapres). Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil mengalahkan lawannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan perolehan suara 55,5 persen.

Adapun dua tokoh Indonesia yang juga masuk ke daftar 50 tokoh Muslim berpengaruh antara lain, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang berada di posisi 18. Kemudian, ulama Habib Luthfi bin Yahya di posisi 32.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di urutan pertama dari 50 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud berada di urutan kedua.

Sebelumnya, Jokowi pernah masuk dalam daftar 50 tokoh Muslim berpengaruh di dunia untuk edisi 2020. Kala itu, Jokowi berada di urutan ke-13, di bawah Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamid Al-Thani. (jannah)

Total 46 x dibaca, hari ini 1 x

Jolali, Share ya !