Habib Mahdi: Generasi Muda NU Harus Aktif Online Tangkal Hoax

Dunia maya yang serba digital saat ini sudah menjadi bagian hidup manusia, sebagaimana dunia nyata. Berselancar di dunia maya pun menjadi kebiasaan wajib. Hal ini karena semakin mudahnya masyarakat mengakses informasi melalui internet.

Namun, penting untuk diketahui bahwa sekarang tidak sedikit berita hoaks berkeliaran di dunia maya yang ditujukan untuk kepentingan tertentu dan diposting oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.Tujuan mereka jelas, untuk menebar fitnah, membunuh karakter seseorang atau lembaga, atau mengadu domba masyarakat.

Saat menjadi narasumber untuk mengisi pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bangil, Wakil Ketua PW GP Ansor Jawa Timur, Habib Mahdi, memaparkan perlunya mengetahui dan mengikuti perkembangan teknologi.

Ia menekankan kepada peserta untuk menjadi pengguna aktif sosial media (sosmed)

“Sudah saatnya kader-kader ansor itu menggunakan media sosial untuk memposting hal positif. Misalnya, mengupload pengajian kiai-kiai kampung,” ucap Habib Mahdi, Ahad (12/12/2020).

Yang dimaksud pengguna aktif, tambah Habib Mahdi, ialah tidak hanya meneruskan postingan-postingan yang belum tentu kebenarannya, tetapi juga membantu kiai-kiai dalam mencerdaskan masyarakat.

“Mending lebih baik membantu syiar ceramah agama kiai-kiai kampung agar lebih banyak di dengar masyarakat luas,” tegasnya.

Kader Ansor, imbuhnya, perlu memproteksi dan menghalau isu-isu yang mengarah kepada ujaran kebencian yang mengancam memecah belah bangsa.

“Kita inilah yang wajib menjadi benteng dan memerangi isu-isu propaganda yang bertujuan mengadu domba dan memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkasnya.

Total 39 x dibaca, hari ini 1 x

Jolali, Share ya !