Aplikasi Kartanu Memudahkan Warga NU Memiliki KTA

Warga Nahdlatul Ulama kini dapat membuat kartu anggota NU secara online. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meluncurkan aplikasi digital “Kartanu”. Aplikasi memudahkan warga NU memiliki Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu) yang merupakan identitas resmi warga NU.

Sebagai dukungan terhadap program ini, PBNU telah mengirimkan surat edaran kepada PWNU dan PCNU se-Indonesia untuk menyukseskan program tersebut.

Dalam surat edaran Nomor 4047/C.I.034/10/2020 tentang Edaran Pembuatan Kartanu (Kartu Anggota NU) Nasional yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen PBNU ini, PBNU menyerukan pada seluruh warga NU untuk membuat dan mendaftar Kartanu di daerahnya masing-masing yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Kartanu.

Dalam keterangan yang diberikan kepada tim dakwah NU pada Selasa (9/1/21), aplikasi ini dapat diunduh melalui apps store (IOS) atau playstore (Android).

Selain sebagai identitas resmi warga NU, Kartanu dimaksudkan sebagai aplikasi yang dapat menunjang aktivitas keseharian warga NU, baik di bidang ubudiyah maupun muamalah. Di dalamnya terdapat berbagai fitur untuk memudahkan zakat, waqaf, infaq, hingga pembayaran tagihan online.

Selain itu, dari keterangan yang diterima, aplikasi ini juga memiliki banyak manfaat, di antaranya; pertama, Kartanu berfungsi sebagai kartu identitas warga NU. Kartanu menjadi single identity number keanggotaan warga NU. Setiap warga NU yang memiliki Kartanu akan mendapatkan nomor yang ter-registrasi, ter-verifikasi melalui sistem database keanggotaan NU secara nasional dan internasional.

Kedua, menjadi basis database warga NU. Melalui Kartanu, seluruh data demografis warga NU yang mencakup jenis kelamin, latar pendidikan, pekerjaan, dan kiprah keorganisasian bisa diketahui. Ini semakin memudahkan dan sekaligus mengakselerasi program-program NU.

Dengan database yang akurat, seluruh program yang dirumuskan oleh Lembaga, Badan Otonom, dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama diharapkan lebih terukur, tepat sasaran, dan terlaksana dengan baik.

Ketiga, Kartanu berfungsi sebagai alat pembayaran. Dengan dukungan aplikasi Kartanu berbasis IOS dan Android, pengguna Kartanu dapat melakukan bermacam transaksi yang sangat memudahkan aktivitas sehari-hari serta sejalan dengan tren kehidupan yang lebih bersifat cashless.

Keempat, Kartanu bisa menjadi sarana bisnis antar warga. Mirip dengan aplikasi jual-beli online (e-commers) pada umumnya. Kartanu dipersembahkan sebagai sarana tempat transaksi jual beli (market place) yang memungkinkan terbangunnya aktivitas perniagaan dan ruang jual-beli yang saling menguntungkan antar warga NU.

Kelima, warga NU pemegang Kartanu bisa mendapatkan fasilitas diskon di beberapa gerai belanja. Diskon yang sama bisa juga diperoleh saat berhubungan dengan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU), Lembaga Pendidikan di Bawah LP Ma’arif NU, dan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) di semua daerah.

Keenam, Kartanu bisa dijadikan sebagai wahana untuk menyalurkan sedekah, infaq dan zakat melalui Nu-Care Lazisnu yang telah terintegrasi di dalam aplikasi Kartanu.

Ketujuh, Kartanu juga penunjang amaliah warga NU. Di dalam aplikasi Kartanu telah tersedia Al Quran, tahlil, shalawat, dan juga arah kiblat. Selain itu, Kartanu juga langsung terhubung dengan kanal NU Online dan NU Channel sebagai basis dan sumber informasi ke-NU-an.

Cara Daftar Kartanu
Berikut beberapa langkah untuk mendaftar Kartanu:

1. Download aplikasi Kartanu di apps store atau playstore.

2. Buka aplikasi Kartanu yang sudah terunduh. Pilih dan klik daftar sekarang.

3. Isi formulir data yang terdiri dari nama, nomor telepon, email dan password.dengan jujur dan jelas.

4. Baca syarat dan ketentuan yang berlaku, jika sudah selesai klik daftar. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan kode verifikasi melalui WhatssApp atau email.

5. Pengguna secara langsung akan masuk di tampilan awal aplikasi. Langkah selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran Kartanu dengan mengisi lima formulir yang tertera.

6. Formulir pertama tentang data NU. Pengguna dapat mengisi informasi mengenai negara, PWNU, PCNU, MWCNU, dan organisasi. Formulir kedua, pengguna mengisi informasi terkait data diri sesuai dengan KTP. Ketiga, pengguna melengkapi informasi mengenai alamat. Keempat, cantumkan foto KTP dan foto diri dengan jelas untuk melakukan registrasi. Terakhir, formulir kelima, baca baiat anggota dengan seksama. Pastikan semua formulir sudah terisi dengan benar dan jelas, lalu klik lanjutkan.

11. Setelah selesai, tunggu verifikasi dari masing-masing admin Kartanu PCNU. Jika sudah disetujui, maka akan muncul logo Kartanu dalam menu Home. (fqh)

*untuk informasi lebih lanjut hubungi 0851 5722 7957 atau direct message instagram @infokartanu_id

Total 465 x dibaca, hari ini 2 x

Jolali, Share ya !