ADDAI Anugerahi Gus Baha Da’i of The Year 2020

ADDAI (Asosiasi Dai-Daiyah Indonesia) menobatkan K.H. Bahauddin Nursalim atau Gus Baha sebagai dai of the year. Selain itu, ADDAI juga mengeluarkan daftar 133 dai moderat dan berwawasan wasathiyyah.

Daftar ini dikeluarkan setelah melalui proses seleksi yang ketat dari para dai ADDAI yang umumnya merupakan praktisi dakwah dan akademisi di perguruan tinggi Islam terkemuka di Indonesia.

ADDAI menobatkan Gus Baha sebagai dai of the year karena dakwahnya dinilai berhasil dan mempengaruhi arah keberislaman masyarakat pada umumnya.

Ketua Umum Asosiasi Dai-Daiyah Indonesia (ADDAI), Moch Syarif Hidayatullah menjelaskan, ini didasarkan pada aktivitas dakwah Gus Baha selama beberapa tahun belakangan, terutama pada tahun 2020, yang memang menyedot perhatian umat dan turut mengubah tren dakwah.

“Khusus terkait 133 dai moderat, pemilihan nama-nama yang masuk dalam daftar ini didasarkan pada aktivitas dakwah yang dilakukan baik secara luring maupun daring. Kriteria pemilihan nama-nama ini dilihat dari rekam jejak selama ini, terutama pada tahun 2020,” katanya kepada TIMES Indonesia, Minggu (27/12/2020).

Nama-nama yang tercantum dalam daftar ini dinilai memiliki keilmuan yang mumpuni untuk berdakwah dan selama ini mendakwahkan sikap moderasi beragama, antifanatisme, dan mengedukasi masyarakat untuk tidak memperuncing perbedaan.

Selain itu, daftar nama-nama juga disaring dari masukan masyarakat melalui survei yang dilakukan oleh ADDAI. ADDAI menyadari bahwa masukan dari masyarakat penting untuk menjadi tolok ukur dan sekaligus pemantau aktivitas dai selama ini.

Urutan nama berdasarkan gelar akademik dan gelar keumatan yang disandang oleh dai terkait. Urutan juga bukan menunjukkan kualitas dai. Hanya untuk memudahkan pendataan saja.

ADDAI memandang hadirnya daftar ini penting sebagai patokan masyarakat dalam memilih dai yang akan disimak dan diikuti materi dakwahya.

“Meskipun bukan berarti dai yang tidak dalam daftar ini otomatis tidak moderat. Perlu dicek rekam jejak dai yang terkait baik secara digital maupun info yang beredar. Daftar ini hanya untuk memudahkan masyarakat memilih dai yang moderat dan berhaluan wasathiyyah,” jelasnya.

Berikut ini nama-nama dai yang masuk dalam daftar 133 dai moderat versi ADDAI:

(Jannah/Times)

 

Total 414 x dibaca, hari ini 1 x

Jolali, Share ya !