10 Ide Bisnis untuk Para Santri yang Punya Passion Jadi Pengusaha

Meski kamu santri atau tinggal di pesantren, bukan berarti kamu hanya melulu ngaji; kamu bisa juga melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan uang, alias berbisnis. Nah, kira-kira bisnis apa yang bisa kamu lakukan, berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa kamu eksekusi.

1. Bimbingan Belajar atau Jasa Terjemah Bahasa Arab 

Saat menempuh pendidikan di pesantren, biasanya seorang santri akan mendapatkan pelajaran atau kurikulum Bahasa Arab yang baik. Bahkan di beberapa pesantren, seorang santri dituntut untuk dapat menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari dalam aktivitas apapun selain belajar mengajar.

Hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang tepat dengan memanfaatkan kemampuan yang telah kamu dapatkan di pesantren. Kamu bisa membuka sebuah bimbingan belajar bagi oang-orang di luar sana yang ingin dan membutuhkan kemampuan berbahasa Arab. Kamu bisa membuat tarif dalam setiap pertemuan dan mendapatkan keuntungan dari sana.

Selain membuka bimbingan belajar, kamu juga bisa memanfaatkan keahlian berbahasamu untuk membuka jasa terjemah. Saat ini banyak instansi atau perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa, salah satunya bahasa Arab. Kamu bisa mengajak beberapa santri lainnya yang juga mahir berbahasa Arab untuk kemudian membuka komunitas.

Melalui komunitas yang kamu bangun, kamu dapat mempromosikan jasa terjemah dari komunitasmu tersebut ke beberapa perusahaan atau instansi pemerintah. Profesi penerjemah bahasa ini masih cukup jarang untuk ditemukan, maka hal ini dapat menjadi peluang besar bagimu untuk mendapatkan sumber penghasilan.

2. Menjual Pakaian Muslim Elegan dan Kekinian

Saat ini konsumsi dan kebutuhan masyarakat terhadap pakaian sangatlah besar salah satunya pada baju muslim dan muslimah. Kamu dapat mulai memanfaatkan keadaan ini untuk dijadikan sebuah peluang bisnis yang menguntungkan.

Ditambah dengan perkembangan zaman yang kian pesat, kamu juga dapat melakukan bisnis ini dengan menggunakan metode penjualan secara online melalui beberapa e-commerce.

Bahkan jika kamu memang benar-benar tertarik di dunia fashion, tak hanya menjual pakaian kamu juga dapat membuka usaha konveksi atau memproduksi sendiri berbagai jenis pakaian muslim dengan brandmu sendiri.

Kamu bisa menciptakan beberapa pakaian yang tak seperti biasanya di jual di toko-toko lainnya. Buatlah kesan bahwa dengan berpakaian muslim seseorang juga dapat terlihat elegan dan kekinian.

3. Bimbingan Belajar Agama

Kamu dapat membuka atau memberikan bimbingan belajar mengenai agama baik untuk anak-anak, remaja, atau kalangan apa saja yang memang membutuhkan bimbingan. Saat ini, banyak juga orang tua yang memanggil seorang yang lebih memahami agama untuk memberikan pembelajaran bagi anaknya khususnya belajar mengaji.

Melihat hal tersebut, kamu dapat membuka jasa bimbingan baik untuk mengaji atau bimbingan belajar keagamaan lainnya yang memang sudah kamu pahami dengan baik. Hal ini bisa saja dijadikan sebagai ide bisnis dalam bentuk jasa. Untuk keuntungan yang bisa kamu dapatkan, kamu dapat membicarakan mengenai tarif jasa bimbingan belajarmu dengan para orangtua atau murid bimbinganmu.

4. Menulis Karya Buku Keislaman

Jika kamu memiliki kegemaran dalam menulis, kamu dapat memanfaatkannya juga sebagai ide bisnis anak pesantren. Kamu dapat menulis mengenai pandanganmu terhadap apa saja, atau mengenai pengalamanmu dalam menepuh pendidikan keagaamaan.

Beberapa orang banyak pula yang menghasilkan sebuah karya luar biasa dari pengalaman dan perjalanan hidupnya. Jika kamu menulis sebuah karya yang menarik dan dapat disukai atau menginspirasi banyak orang, maka hal ini dapat menjadi sebuah keuntungan bagimu. Karyamu bisa kamu bawa ke penerbit buku untuk kemudian dicetak dan dijual ke masyarakat.

5. Bisnis Karya Kaligrafi

Kaligrafi merupakan sebuah karya yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para santri. Banyak seniman kaligrafi yang lahir dari pesantren, karya yang mereka hasilkan sangat indah dan banyak menghiasai dnding dan langit-langit masjid.

Jika kamu memiliki kemampuan untuk menciptakan sebuah kaligafi yang indah, maka kamu dapat memanfaatkan kemampuan ini menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Jasa pembuatan karyamu dapat kamu tawarkan ke beberapa masjid atau dapat kamu jual dengan membuka toko lukisan kaligrafi.

6. Membuka Restoran Halal

Seorang santri biasanya memiliki kesempatan untuk belajar memasak dan menyiapkan santapan bagi para santri lainnya di pesantren. Banyak juga santri yang menyukai berkegiatan di dapur umum santri selain belajar agama dan mengaji hingga kemudian menjadi pandai memasak.

Jika kamu merupakan salah satu santri yang sering berkegiatan di dapur pesantren dan mampu menyediakan menu-menu masakan yang lezat dengan resepmu sendiri, maka kamu dapat memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dengan membuka sebuah restoran halal yang menyajikan resepmu.

7. Bisnis Penyedia Buku

Pada kegiatan sehai-harnya, seorang santri biasanya selalu dihadapkan dengan berbagai buku-buku sebagai sumber pembelajaran baik buku mengenai kajian keagamaan seperti kitab kuning atau buku umum lainnya. Bahkan selain sebagai pembelajaran, seringkali santri membaca buku untuk mengisi waktu luang atau menghilangkan rasa bosan seperti membaca komik, novel, atau buku lainnya.

Melihat kebutuhan santri akan buku yang cukup besar, maka kamu juga dapat membuka jasa atau layanan penyedia buku-buku kebutuhan santri secara lengkap. Selain itu kamu juga dapat menyediakan kebutuhan santri lainnya seperti peci, sarung, atau beberapa barang lainnya.

8. Membuka Koperasi Pesantren

Hal lain yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis bagi anak pesantren yaitu dengan mendirikan sebuah koperasi pesantren. Koperasi pesantren ini biasanya didirikan dengan keanggotaan para santi dan santriwati dengan membuka beberapa jenis bisnis seperti menjual kebutuhan sehari-hari santri.

9. Pertanian Modern

Beberapa pesantren khususnya di desa-desa banyak yang memberikan tugas dan kesempatan bagi para santri untuk bisa mengolah lahan pertanian disamping mendapatkan pendidikan keagamaan. Biasanya seorang santri diminta untuk bertani di lahan yang dimiliki oleh pengelola pesantren.

Kamu dapat memanfaatkan kemampuan yang pernah kamu dapatkan dalam mengelola sebuah lahan untuk memula bisnis pertanian. Namun kamu juga dapat memanfaakan kemajuan teknologi dalam menjalankan pertanian modern.

10. Peternakan Modern

Selain pertanian, biasanya peternakan juga menjadi bagian dari kegiatan sebuah pesantren. Ternak kambing, sapi, atau hewan lain dikembangbiakkan untuk mendapatkan penghasilan. Kamu juga dapat mengembangkan kegiatan ini untuk menjadi ide bisnis dengan menargetkan  masyarakat perkotaan sebagai target konsumen.

Untuk berbisnis, yang penting mulai aja dulu; belajarnya ntar sambil jalan!

Sumber: taupasar

Total 25 x dibaca, hari ini 1 x

Jolali, Share ya !